Nasional

PERURI Gelar Pelatihan Strategi Branding untuk Dorong UMKM Jawa Barat Menembus Pasar Global

SuaraTimurDaily.co.id – PERURI menyelenggarakan pelatihan strategi branding untuk membantu UMKM menembus pasar global.

Pelatihan ini berlangsung di Neo Hotels Bandung pada Selasa, 8 Oktober 2024, dengan 40 peserta yang merupakan pelaku UMKM dari wilayah Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PERURI, bertujuan membantu UMKM menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Saat ini, UMKM dituntut untuk tidak hanya bersaing di pasar lokal, tetapi juga mampu bersaing secara nasional dan internasional.

Branding yang kuat menjadi faktor penting dalam pengelolaan bisnis UMKM agar terlihat lebih profesional dan menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, PERURI mengadakan pelatihan ini untuk meningkatkan daya saing UMKM.

Pelaku UMKM yang dikurasi bersama Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Jawa Barat, diberikan pelatihan branding yang meliputi teknik copywriting dan fotografi produk. Copywriting membantu UMKM menyampaikan pesan yang menarik kepada audiens, sedangkan pelatihan fotografi produk bertujuan meningkatkan kualitas visual produk, sehingga dapat bersaing dengan brand besar.

Baca Juga: BUMN Learning Festival di Bali: InJourney Komit untuk Kualitas SDM Melalui Pembelajaran Berkelanjutan

Di era digital, aspek visual dan pesan menjadi kunci dalam menarik konsumen. Copywriting yang efektif dapat menyampaikan manfaat produk dengan jelas, sementara foto produk yang menarik dapat meningkatkan daya tarik visual di platform digital, seperti marketplace dan media sosial, yang pada akhirnya mendorong penjualan.

“Sebagai bagian dari komitmen kami untuk memajukan UMKM, PERURI secara konsisten memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Tujuan utama kami adalah membangun UMKM yang tangguh dan mandiri agar mampu bersaing di pasar nasional maupun global. Kami berharap pelatihan ini dapat memperkuat fondasi bisnis UMKM dalam menghadapi digitalisasi dan memanfaatkan peluang di pasar internasional,” ujar Aris Wibowo, Penanggung Jawab Strategic Corporate Branding dan TJSL PERURI.

Pelatihan ini menghadirkan para ahli, termasuk Elfa Setiawan, S.S., M.M., dosen tetap dan praktisi marketing dari Institut STIAMI, serta fotografer Karina Nurul Islami.

Baca Juga: Keputusan Kontroversial Wasit di Laga Indonesia vs Bahrain, Media Belanda: Garuda Kehilangan Kemenangan

Salah satu peserta pelatihan, Rahmat Bainur, pemilik R&A Food, mengungkapkan pentingnya pelatihan ini dalam memperluas wawasan dan keterampilan untuk meningkatkan daya saing UMKM.

Sebagai informasi, PERURI memiliki program Peruri Digital Entrepreneur Academy yang mendukung UMKM dalam memanfaatkan digitalisasi dan menembus pasar global. Program inkubasi intensif ini telah berjalan sejak 2022 dan akan terus dilaksanakan setiap tahun. Dari program ini, lima UMKM terbaik akan mendapatkan kesempatan mengikuti program inkubasi lanjutan dan pameran internasional, yang diharapkan dapat membuka peluang ekspor dan memperluas jaringan bisnis.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *