Transformasi Stasiun Pasar Senen: PT KAI Hadirkan Fasilitas Baru untuk Kenyamanan Maksimal
SuaraTimurDaily.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus melakukan berbagai peningkatan layanan demi kenyamanan penumpang.
Salah satu fokus utama perusahaan adalah Stasiun Pasar Senen, stasiun tersibuk di wilayah Daop 1 Jakarta, yang melayani kereta api jarak menengah dan jauh serta KRL.
Berbagai infrastruktur baru terus dikembangkan untuk menampung volume penumpang yang semakin meningkat di stasiun ini.
Vice President Public Relations PT KAI, Anne Purba, menyatakan bahwa sejumlah fasilitas baru telah ditambahkan di Stasiun Pasar Senen.
“Kami telah membangun eskalator, menambah AC di Zona 3 atau Hall, serta membangun parkir motor bertingkat (double decker). Semua ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang, seiring dengan peningkatan jumlah penumpang di Stasiun Pasar Senen,” ujarnya, Minggu (15/9/2024).
Baca Juga: KAI Tebar Diskon 10% Tiket Kereta Api Demi Meriahkan Jember Fashion Carnival!
Selain itu, berbagai sektor lain di Stasiun Pasar Senen juga ditingkatkan, termasuk perluasan area parkir, penyediaan ruang terbuka hijau, dan penataan ulang alur kedatangan serta keberangkatan penumpang agar lebih tertib.
Fasilitas lain seperti kios makanan dan minuman juga diatur ulang agar lebih rapi.
Konektivitas dengan moda transportasi lain, seperti busway dan layanan transportasi online, juga ditingkatkan untuk memudahkan perjalanan penumpang.
Dengan 32 perjalanan kereta api jarak jauh dan 52 perjalanan KRL setiap harinya, volume penumpang di Stasiun Pasar Senen terus bertambah.
Pada 2021, jumlah penumpang kereta api jarak jauh mencapai 1,2 juta, yang melonjak menjadi 3,1 juta penumpang pada 2022, meningkat 155,8%.
Pada 2023, jumlah tersebut naik lagi sebesar 30,73%, mencapai lebih dari 4 juta penumpang.
Baca Juga: Kolaborasi IFG dan Telkomsel: Dorong Inovasi Digital untuk Layanan Keuangan yang Lebih Inklusif
Pengguna KRL di Stasiun Pasar Senen juga mengalami peningkatan signifikan.
Pada 2022, pengguna KRL tercatat sebanyak 2,45 juta penumpang, dan pada 2023 jumlah ini naik 38,16% menjadi 3,39 juta penumpang.
Hingga Agustus 2024, jumlah penumpang KRL yang naik dan turun di Stasiun Pasar Senen telah mencapai 2,67 juta.
Anne menegaskan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap kereta api sebagai moda transportasi utama terus mendorong KAI untuk terus berinovasi.
“Kami berkomitmen menciptakan ekosistem transportasi terbaik dengan fokus pada keberlanjutan sebagai bagian dari pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs),” tutupnya.***